Kamis, 09 Mei 2013

Ada Yang Istimewa Di Tugu Thomas Parr Bengkulu


 Jika Yogyakarta terkenal dengan Tugu Putihnya, maka Bengkulu juga memiliki tugu yang tak kalah menarik. Tugu menarik dan cantik itu bernama Tugu Thomas Parr. Nama Tugu Thomas sendiri diambil dari nama salah satu kolonial Inggris yang waktu itu datang ke Bengkulu. Di masa lampau, Thomas Parr adalah orang yang mengenalkan sistem tanam paksa. Menurut beberapa sumber, Tugu Thomas sendiri dibangun sebagai tanda perjuangan masyarakat Bengkulu dalam mengusir penjajah yang ingin menguasai Bengkulu di masa lampau.
Tugu Thomas Parr berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Bengkulu. Objek wisata ini letaknya berdekatan dengan Benteng Marlborough, hanya berjarak 170 M. Tidak hanya dekat dengan Benteng Marlborough, Tugu Thomas Parr juga berdekatan dengan beberapa objek wisata lainnya. Keunikan dari Tugu Thomas Parr ini adalah bentuk bangunan yang segi delapan dengan ditopang banyak pilar. Selain itu, bentuk atap yang seperti kubah menambah kesan elegan dari Tugu Thomas Parr.
Luas Tugu Thomas Parr ini adalah 70 meter persegi dengan tinggi 13 meter. Tugu Thomas Parr yang dikenal juga sebagai kuburan Bulek ini dapat dikunjungi dengan cuma-cuma alias gratis. So, buat kamu yang ingin melihat-lihat bangunan unik ini tidak perlu khawatir dengan biaya masuknya alias gratis :)

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...