Jumat, 21 Desember 2012

Lempuk Durian Bengkulu

Mungkin bagi sebagian orang, lempok masih terdengar asing atau bahkan belum pernah terdengar sama sekali, namun bagi masyarakat Indonesia yang berdomisili di pulau Kalimantan & Sumatera lempok merupakan makanan tradisional yang banyak di temui di toko-toko atau gerai yang menjual oleh-oleh khas daerah.  Lempok Durian Bengkulu adalah makanan ringan berbentuk mirip dengan dodol dengan rasa yang manis, gurih dan tidak lengket.
Lempok itu rasanya "durian banget", karena memang hampir 100% bahan bakunya dari daging  buah durian yang sudah di lepaskan dari bijinya, kemudian di tambah sedikit gula pasir pada saat dimasak. 

Tadinya lempok dibuat masyarakat sebagai solusi memanfaatkan buah durian pada saat musim panen durian, supaya buah durian ini tidak terbuang mubazir. Karena buah durian ini jumlahnya akan sangat berlimpah pada saat musim panen tiba, sedangkan setelah buah durian ini runtuh, masa rusaknya (jika tanpa diolah) tidak lama, buahnya akan busuk/layu.
Nah, setelah diolah menjadi lempok durian ini, masyarakat setempat masih bisa menikmati buah durian (yang telah diolah menjadi lempok) kapan pun dan dimanapun, karena lempok durian bisa bertahan hingga berbulan-bulan jika kondisi penyimpanannya baik.

Lempok dan dodol bentuknya memang mirip, tapi pada dasarnya sangat berbeda. Karena jika dalam proses pembuatan dodol tepung beras ketan merupakan bahan baku utama dan durian hanya sebagai perasa, maka lempok durian kebalikannya. Tidak ada sama sekali campuran beras ketan dalam adonan lempok durian, dan lempok itu benar-benar durian, bukan sekedar rasa-rasa :D .

Artikel yang berkaitan



3 komentar:

  1. Harganya lempok berapa sob?
    Kayaknya enak nih, bikin saya ngiler nih :D
    Makasih sob infonya :)

    BalasHapus
  2. wah bikin ngiler aja ni gan hehehe salam kenal klo sempet mampir di gubuk ane ea :D

    BalasHapus
  3. @Sundo Nurbono : harganya bervariasi mas.kalau gak slh mulai 20rb.
    @cahyo jm : memang bikin ngiler mas ,dan patut dicoba
    terimakasih atas kunjungannya.salam

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...